Perbedaan Telegram Vs WhatsApp

Telegram Vs WhatsApp, Anda pilih mana? Kedua aplikasi media sosial ini memang sangat populer. Kepopulerannya pun bahkan mengalahkan aplikasi chatting yang bahkan sudah ada sebelum Telegram maupun WhatsApp. Keduanya mampu memberikan kemudahan terhadap berbagai keperluan kita.

Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja baik menggunakan teks, audio, dan video. Selain itu, kedua aplikasi ini tetap bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan meskipun sinyal yang Anda gunakan kurang bagus. Keduanya juga memiliki tampilan yang hampir sama. Inilah yang membuat WhatsApp dan Telegram selalu ada yang membandingkannya.

Telegram vs WhatsApp, Siapa yang Lebih Baik?

Telegram vs WhatsApp Telegram vs WhatsApp

Anda mungkin penasaran kira-kira mana yang lebih baik di antara WhatsApp dan Telegram? Banyak orang yang mengatakan jika WhatsApp lebih baik. Namun tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa aplikasi Telegram yang terbaik. Bagi Anda yang ingin tahu kira-kira man yang lebih baik dari kedua aplikasi ini, silakan Anda menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Akses dan Platform

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini serta menggunakan layanannya, maka Anda harus mendaftarkan nomor telepon Anda terlebih dahulu. Untuk aplikasi WhatsApp hadir pada beberapa sistem operasi seperti Android, iOS, dan juga Windows Phone. Sementara itu juga ada layanan bernama WhatsApp Web di mana Anda bisa menghubungkan akun WhatsApp Anda melalui browser tanpa harus menginstal aplikasi.

Anda cukup menghubungkan WhatsApp yang ada di ponsel Anda dengan WhatsApp Web. Prosesnya pun sangat mudah dan Anda bisa langsung berkomunikasi  melalui browser yang ada pada komputer maupun laptop tanpa perlu menginstal aplikasi WhatsApp. Lalu bagaimana dengan Telegram?

Telegram juga hadir di banyak aplikasi. Beberapa sistem operasi yang mendukung penggunaan Telegram seperti Android, iOS, Linux, MacOS, dan Windows Phone. Yang tidak kalah keren adalah Telegram memiliki dekstop client sendiri. Jadi, Anda tidak perlu menghubungkan Telegram di ponsel Anda dengan Telegram dekstop.

Ini sangat bermanfaat ketika baterai pada smartphone Anda mati. Anda masih tetap bisa menggunakan Telegram dekstop melalui komputer atau laptop Anda. Kemudahan inilah yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan Telegram.

2. Kirim File

Kita tahu bahwa setiap aplikasi chatting wajib memiliki fitur kirim file. Baik WhatsApp maupun Telegram keduanya sama-sama bisa Anda gunakan untuk mengirimkan file ke nomor tujuan. Anda bisa mengirimkan file seperti teks, audio, video, gambar, maupun dokumen. Akan tetapi, berkaitan dengan kirim file maka Telegram lebih unggul dari WhatsApp.

Hal ini karena WhatsApp memberikan batasan terhadap file yang bisa Anda kirim yaitu maksimal 100 MB. Sementara Telegram memberikan batasan lebih dari 10 kali lipat dari apa yang Anda dapatkan di WhatsApp. Batas maksimal file yang bisa Anda kirimkan melalui Telegram adalah 1,5 GB. Jadi, Anda bisa mengirimkan berbagai file apa pun dengan kapasitas yang besar tanpa perlu khawatir Telegram membatasi Anda.

Salah satu contohnya adalah ketika Anda ingin mengirim video. Ketika di WhatsApp, mungkin Anda harus memangkas video Anda menjadi beberapa bagian. Berbeda dengan Telegram, asalkan video Anda tidak melebihi 1,5 GB maka Anda bisa langsung mengirimkannya secara utuh.

3. Penyimpanan Backup

Telegram vs WhatsApp kali ini akan membahas mengenai seperti apa penyimpanan backup dari kedua aplikasi ini. Bagi Anda yang menyimpan maupun mencadangkan pesan Anda, maka pesan tersebut akan secara otomatis tersimpan di Google Drive. Sementara jika Anda merupakan pengguna iOS maka pesan tersebut akan tersimpan di Cloud.

Jadi, ketika Anda ingin berganti hp maka jangan lupa untuk membackup semua data Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan data Anda, terlebih data-data penting Anda. Di sisi lain Telegram menawarkan penyimpanan backup yaitu cloud. Semua data yang Anda miliki seperti gambar, video, dan audio akan tersimpan secara otomatis di cloud.

Inilah yang akan memudahkan Anda ketika ingin berganti perangkat. Bahkan ketika Anda menggunakan akun Telegram pada dua perangkat, Anda tetap mengakses datanya dengan mudah serta data-data tersebut juga akan tetap sama.

4. Fitur Video Call

Seperti penjelasan kami sebutkan bahwa kedua aplikasi ini sangat populer untuk kebutuhan komunikasi. Namun kali ini bisa kita katakan bahwa WhatsApp menang telak dari Telegram. Mengapa? Karena Telegram tidak memiliki fitur Video Call. Padahal fitur ini cukup penting karena kita  bisa berkomunikasi dengan orang lain secara real-time.

Sementara itu, Anda bisa melakukan video call di WhatsApp. Bahkan WhatsApp semakin meningkatkan fitur ini di mana Anda bisa berkomunikasi dengan beberapa orang dalam waktu yang bersamaan. Pada Telegram hanya tersedia fitur voice call atau panggilan suara. Akan tetapi, fitur pada Telegram ini hanya bisa Anda gunakan untuk melakukan panggilan perorangan dan bukan secara grup.

Kelebihan lain yang dimiliki WhatsApp adalah Anda bisa melakukan video call dengan mode WhatsApp Web. Jadi, pada bagian ini maka yang menjadi pemenang adalah WhatsApp.

5. Fitur Sticker

Berkomunikasi dengan menggunakan stiker akan membuat komunikasi menjadi lebih seru. Kedua aplikasi ini pun juga menawarkan fitur stiker yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. bahkan keduanya juga sama-sama menawarkan fitur untuk membuat stiker Anda sendiri.

Akan tetapi, jika Anda membuat stiker pada aplikasi WhatsApp maka caranya cukup ribet. Mengapa? Karena stiker tersebut masih harus dicek oleh tim WhatsApp. Berbeda dengan Telegram di mana aplikasi ini telah menyediakan bot yang memang bertugas untuk membantu pengguna Telegram dalam membuat stiker.

6. Grup

Bagi Anda yang pernah atau sedang menggunakan dua aplikasi ini, tentu Anda sudah bisa tahu perbedaan keduanya dari sisi grup. Keduanya memang bisa Anda gunakan untuk membuat grup yang di dalamnya terdapat banyak orang. Akan tetapi, berkaitan dengan jumlah anggota grup yang bisa masuk pada grup tersebut, maka Telegram menang telak dari WhatsApp.

Alasannya karena WhatsApp membatasi jumlah anggota grup sabanyak 300 orang. Lalu bagaimana dengan Telegram? Aplikasi ini menawarkan fitur bernama Super Group. Dengan fitur ini, Anda bisa menambahkan anggota grup hingga mecapai 100 ribu. Jadi, Anda bisa menambahkan siapa saja untuk bisa masuk ke grup tersebut tanpa perlu mengkhawatirkan apakah grup akan penuh.

Demikian penjelasan mengenai Telegram vs WhatsApp. Kesimpulannya, kedua aplikasi ini menjadi aplikasi chatting yang sangat populer dengan jumlah pengguna yang mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta di seluruh dunia. Baik Telegram maupun WhatsApp masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing.

Dengan mengetahui perbedaan dari keduanya inilah, Anda bisa menentukan kira-kira mana yang terbaik, apakah Telegram atau WhatsApp? Beberapa orang lebih memilih untuk menginstal dan menggunakan keduanya. Jadi kira-kira mana yang terbaik di antara keduanya? Silakan Anda menentukan sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment