Cara Reset Printer Epson L360

Ada beberapa cara lengkap dan mudah untuk me reset printer epson L360 yang mengalami error. Error tersebut mengakibatkan kamu jadi tidak bisa mencetak dokumen apapun. Pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai ya, supaya kamu bisa memahami tutorial yang di sampaikan.

Epson L360 adalah salah satu printer dengan kemampuan all ini one. Yaitu printer yang memungkinkan kamu agar bisa melakukan print, scan dan copy dokumen hanya pada satu perangkat. Epson L360 juga di lengkapi dengan ink tank yang terintegrasi. Sehingga printer ini sangat cocok untuk di pakai pada perkantoran maupun untuk pengguna rumahan dan mahasiswa.

Di Indonesia sendiri, printer ini cukup banyak di minati karena harganya yang terbilang murah namun dengan fitur yang sangat memadai. Printer ini juga sangat mudah di operasikan. Jadi tidak heran jika banyak yang memilih printer ini untuk kebutuhan mencetak dokumen sehari-hari.

Seiring waktu dan intensitas pemakaian, seringkali printer akan mengalami masalah yang beragam sehingga perangkat tidak bisa merespon perintah dengan baik. Hal itu sebenarnya cukup lumrah terjadi pada printer merek Epson dan Canon. Yang mengharuskan kamu untuk segera melakukan reset agar printer bisa segera bekerja dengan normal kembali.

Kapan Printer Epson harus di reset?

Awet atau tidaknya sebuah printer tentu tergantung terhadap perlakuan kita terhadap perangkat tersebut. Sebenarnya tidak hanya printer, namun semua barang pun juga sama. Jika kita menggunakan dan merawatnya dengan cara yang benar serta melakukan pemeriksaan rutin tentunya printer tersebut akan menjadi lebih awet.

Sebaliknya, jika memperlakukannya dengan sembarangan apalagi sering di pakai oleh banyak orang, di tambah dengan minimnya perawatan mesin printer tersebut.. Tentunya kemungkinan besar hal itu akan membuat printer kita cepat rusak.

Bahkan dengan perawatan rutin saja ada kalanya printer kita mengalami error yang di sertai dengan lampu indikator tinta & kertas berkedip. Lalu dengan kondisi printer yang tidak bisa mencetak dokumen, tidak merespon perintah lainnya dan banyaak lagi.

Sementara error dengan lampu yang berkedip biasanya menandakan :

  • Adanya masalah pada perangkat tersebut, baik itu masalah software maupun pada perangkat keras atau hardwarenya.

Namun, hal yang sering menyebabkan error lampu berkedip pada printer epson sebenarnya di sebabkan oleh waste ink full. Yang akhirnya berakibat pada over ink pad counter atau counter tempat pembuangan tinta yang sudah penuh.

Adanya kesalahan tersebut bisa saja terjadi karena sistem : di mana printer telah di setting oleh vendor untuk jumlah limit pencetakan. Dengan beberapa ribu lembar atau dalam kurun waktu tertentu maka akan muncul peringatan untuk me reset nya dengan segera.

Hal tersebut mengharuskan kita untuk meresetnya agar sistem kembali menghitung ulang dari 0. Seperti saat baru kita beli dari toko dan setelah reset nya berhasil biasanya printer akan bekerja normal kembali.

Cara reset printer Epson L360

Printer L360 akan bermasalah dan meminta untuk di reset jika sudah sampai batas waktu atau jumlah pencetakan tertentu agar bisa berfungsi dengan baik.

Pada saat ini lah kamu membutuhkan pengetahuan yang benar tentang cara untuk me-reset printer Epson agar tidak terjadi kesalahan yang bisa menimbulkan masalah baru nantinya.

Nah, karena itu pada kesempatan yang baik ini, admin akan membagikan tutorial lengkap cara melakukan reset pada printer Epson L360 yang akan membantumu supaya menjadi lebih mahir dalam urusan reset mereset printer khususnya printer Epson.

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Edit Lagu

Jadi jika kamu pengguna printer Epson L360 dan sedang mengalami error dengan lampu berkedip, kamu tidak perlu buru-buru membawanya ke teknisi sebelum mencoba trik n tips yang akan kita bahas kali ini.

Apabila hanya dengan melakukan reset ternyata printer kita sudah bisa bekerja normal kembali tentunya akan menghemat biaya perbaikan serta akan menjadi mengerti jika sewaktu-waktu error yang sama kembali muncul, kamu sudah tau apa yang harus di lakukan.

Sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu coba untuk mereset printer Epson L360, yakni dengan cara manual dan dengan menggunakan bantuan software resetter yang keduanya akan kita bahas langkah-langkah melakukannya.

Reset Secara Manual

Reset printer secara manual artinya kamu akan melakukan reset tanpa menggunakan software atau bantuan aplikasi apapun, yaitu hanya dengan menggunakan tombol-tombol yang tersedia dengan cara dan durasi tertentu.

Melakukan reset manual yang akan kita bahas di sini berdasarkan pada buku panduan printer Epson L360, jadi bagi kamu yang masih menyimpan manual book nya cobalah untuk membukanya kembali dan temukan panduan lengkapnya.

Cara reset manual ini adalah trik yang paling mudah di coba dan bisa langsung di praktekkan apabila printer kamu mengalami error dengan lampu indikator berkedip. Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama, kamu harus cabut kabel power printer mu selama minimal 5 menit, setelah itu kamu pasang kembali kabel powernya
  • Hidupkan printermu dengan menekan dan menahan tombol POWER
  • Kemudian cobalah dengan menekan dan menahan tombol RESUME bersamaan.
  • Biarkan tombol resume dan power tersebut dalam keadaan di tekan selama kurang lebih 5 menit
  • Setelah 5 menit silahkan lepaskan kedua tombolnya
  • Kemudian, tekan dan tahan lagi kedua tombol tersebut selama 3 detik kemudian lepaskan
  • Biarkan printer mu melakukan reset nya secara otomatis selama beberapa menit

Apabila proses reset sudah selesai maka printer mu akan kembali pada pengaturan default atau pada pengaturan awal, hal itu tentu akan membuat berbagai masalah yang timbul akan hilang seiring dengan suksesnya proses reset yang telah kamu coba.

Namun jika dengan cara manual ternyata masalah tersebut masih saja belum teratasi, kamu bisa mencoba cara yang selanjutnya yaitu dengan melakukan reset menggunakan bantuan software atau program yang di buat khusus untuk mereset printer epson.

Reset Menggunakan Software

Alternatif lainnya yang bisa kamu coba adalah mengatur ulang printer dengan software yang di sebut Epson Adjustment program yang memang di rancang untuk mengembalikan printermu ke pengaturan defaultnya.

Tentunya agar kamu bisa mencoba cara ini, kamu membutuhkan komputer atau laptop yang sudah di instal driver sebelumnya yang sesuai dengan tipe printermu agar PC dan printer bisa terkoneksi.

Cara ini bisa kamu coba apabila ternyata reset secara manual tidak berhasil.

Berbagai langkah-langkah untuk melakukan reset dengan bantuan Epson Adjustment program :

  • Pertama-tama kamu bisa mengunduh resetter Epson L360 gratis pada LINK INI
  • Ekstrak filenya
  • Setelah terekstrak kemudian jalankan Epson Adjustment dengan meng klik 2 kali
  • Klik Select, hal ini adalah untuk memilih tipe printer dan pada model name pilih L360 lalu klik OK
  • Selanjutnya pencet tombol Particular Adjustment Mode
  • Beberapas saat kemudian akan muncul jendela baru dan pilih Waste Ink Pad Counter dan klik OK
  • Beri check list pada bagian Main Pad Counter kemudian klik Check
  • Klik OK pada jendela pop up yang muncul maka proses reset akan segera di mulai

Biasanya proses reset memakai software Epson Adjustment ini cuma berjalan sebentar saja. Dan apabila proses reset nya berhasil maka setelahnya akan muncul jendela pop up yang menyuruh kita agar mematikan printer, kemudian matikan printer mu untuk beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

Apabila kamu telah berhasil melakukan reset printer Epson L360 dan error lampu berkedip sudah berhasil teratasi maka seharusnya sekarang printer kamu sudah siap untuk di ajak bekerja kembali.

Apabila dengan dua cara diatas ternyata error berkedip pada lampu indikator tidak kunjung terselesaikan, kemungkinan masalahnya ada pada perangkat kerasnya.

Demikian tips dan trik untuk mereset printer epson 360. apabila artikel ini bermanfaat untukmu jangan lupa dibagikan yaa

Leave a Comment