Bot Telegram

Bagaimana cara membuat Bot Telegram? Jika Anda merupakan seorang admin, kemungkinan besar Anda mengalami kesulitan karena harus mengurus banyak orang. Bayangkan ada ratusan atau bahkan ribuan orang yang harus Anda handle. Belum lagi jika Anda harus mengupload content di Telegram. Maka bot inilah yang Anda butuhkan untuk mempermudah pekerjaan Anda tersebut.

Sebenarnya apa itu bot? Kenapa kita memerlukan bot termasuk di aplikasi Telegram? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, silakan Anda menyimak informasi kami berikut ini.

Pengertian Bot Telegram

bot Telegram

BOT Telegram atau Telegram bot merupakan sebuah robot yang telah diprogram untuk menjalankan beragam perintah. Bot tersebut merupakan sebuah akun yang memanfatkan fitur AI atau kecerdasan buatan. Anda bisa memanfaatkan bot ini untuk menjalankan berbagai macam perintah sesuai yang Anda inginkan. Biasanya orang menggunakan bot untuk keperluan pencarian, pengingat, penghubung, pengajar, dan lain-lain.

Anda tidak perlu menggunakan nomor atau menginstal aplikasi khusus untuk menjalankan bot Telegram. Sistem ini juga berjalan tanpa terlihat sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan ketika menggunakan aplikasi Telegram. Pengguna bisa berinteraksi dengan bot tersebut. Caranya yaitu dengan mengirimkan pesan.

Kenapa Harus Menggunakan Bot Telegram?

Lalu kenapa Anda perlu menggunakan bot Telegram? Bot ini sangat bermanfaat bagi Anda yang saat ini berperan sebagai admin Telegram. Anda bisa mengatur bot Anda tersebut untuk bisa melakukan beberapa pekerjaan sesuai yang Anda instruksikan. Dengan begitu, pekerjaan tersebut akan menjadi tanggung jawab bot. Jadi, Anda tidak perlu lagi harus mengurusi pengguna yang jumlahnya sangat banyak tersebut.

Mungkin hanya untuk beberapa keperluan atau instruksi khusus saja baru Anda menghandlenya sendiri. Selain itu, biarkan bot yang bekerja. Di bawah ini merupakan beberapa alasan yang membuat Anda perlu menggunakan bot:

  • Memberi Informasi Khusus: bot bisa Anda manfaatkan sebagai sebuah smart newspaper atau koran pintar. Mengapa? Karena nanti bot akan memberikan informasi kepada Anda mengenai berita atau topik yang sesuai dengan keinginan Anda
  • Menghubungkan Layanan Lain: bot juga memiliki kemampuan untuk menghadirkan konten yang berasal dari layanan lainnya. Ini sangat bermanfaat bagi para content creator yang membutuhkan sebuah berita maupun mengantarkan berita
  • Mengurus Pembayaran: alasan lain kenapa bot Telegram penting adalah karena bot mampu mengurus payment atau pembayaran. Dengan kata lain, bot ini akan berperan sebagai kasir virtual atau online yang akan mengurusi setiap pembayaran. Tentu saja sebelum itu Anda perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu agar metode pembayarannya sesuai dengan keinginan Anda
  • Membuat Game: apakah Anda tahu jika bot juga bisa Anda gunakan untuk membuat game? Ternyata bot dapat menawarkan HTML 5 experiences untuk kebutuhan membuat game. Anda bisa membuat beberapa game sederhana baik untuk kategori puzzlei, arcadeshooter, dan beberapa kategori game yang lainnya

Bagaimana Cara Membuat Bot Telegram?

bot Telegram

Lalu bagaimana cara membuat bot Telegram? Untuk membuat bot, Anda bisa menggunakan BotFather yang memang merupakan bapaknya bot di Telegram. BotFather memiliki beragam menu yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur bot agar sesuai dengan perintah yang Anda berikan. Untuk mulai menggunakan BotFather, maka silakan mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan berikut ini:

  • Pada kolom pencarian yang ada di kiri atas silakan mengetik BotFather
  • Selanjutnya Anda klik Start untuk mulai menggunakan BotFather
  • Jika Anda ingin membuat bot baru, maka silakan mengetik /newbot
  • Anda tinggal mengetik nama untuk bot Anda nanti
  • Langkah berikutnya adalah membuat username untuk bot Anda. Perlu Anda ingat bahwa pada username harus Anda akhiri dengan nama bot. Misalnya asisten_bot atau asistenBot
  • Jika Anda sudah selesai membuat bot, Anda akan memperoleh API token. Token inilah yang selanjutnya bisa Anda manfaatkan untuk mengakses API bot yang telah tersedia di Telegram. Sebagai informasi bahwa API merupakan antarmuka yang sudah disediakan oleh aplikasi agar Anda bisa berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Para programmer biasanya memanfaatkan API agar mereka bisa mengakses fungi yang ada di program lain yang sudah mereka buat

Selain itu, Anda juga bisa mengontrol bot yang sudah Anda buat menggunakan beberapa perintah di bawah ini:

  • /newbot: digunakan untuk membuat bot baru
  • /mybots: perintah yang digunakan untuk mengedit bot
  • /setname: digunakan untuk mengedit nama bot Anda
  • /setdescription: digunakan untuk mengubah deskripsi bot
  • /setaboutext: digunakan untuk mengubah info bot
  • /setuserpic: digunakan untuk mengubah foto bot
  • /setcommands: perintah untuk mengubah daftar command
  • /deletebot: menghapus bot

Perintah Bot Telegram yang Lainnya

Selain kumpulan perintah bot Telegram di atas, sebenarnya masih banyak perintah-perintah lainnya untuk bot tersebut. Selengkapnya silakan menyimak penjelasan berikut ini.

1. Bot Settins

  • /token: digunakan untuk membuat konten baru
  • /revoke: untuk menghapus akses konten
  • /setinline: digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan inline mode (https://core.telegram.org/bots/inline)
  • /setinlinegeo: digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkann inline location requests (https://core.telegram.org/bots/inline#location-based-results)
  • /setinlinefeedback: menu untuk mengubah inline feedback ((https://core.telegram.org/bots/inline#collecting-feedback) settings
  • /setjoingroups: perintah untuk mengatur izin bot Anda agar bisa masuk ke grup
  • /setprivacy: perintah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan privacy mode (https://core.telegram.org/bots#privacy-mode) in groups

2. Games

  • /mygames: perintah untuk mengatur game Anda (https://core.telegram.org/bots/games) [beta]
  • /newgames: digunakan untuk membuat game baru (https://core.telegram.org/bots/games)
  • /listgames: digunakan untuk menampilkan seputar daftar game yang Anda buat
  • /editgames: perintah untuk mengedit game
  • /deletegames: perintah untuk menghapus game

Apakah Telegram Bot Aman?

Apakah bot Telegram aman? Seperti yang kita tahu bahwa yang akan menjadi lawan chat di percakapan adalah bot dan bukan manusia. Meskipun begitu, bot juga bisa melihat nama Anda, foto profil, dan lain-lain. Namun mereka tidak  bisa melihat nomor Anda. Dengan kata lain, Anda sendiri yang harus memberikan nomor Anda ke bo tersebut.

Setiap orang sudah pasti ingin data-datanya selalu aman kapan pun dan di mana pun. Begitu juga kepada bot Anda juga harus menjaga data Anda. Jangan sampai Anda memberikan informasi penting seperit kata sandi, nomor rekening, kode Telegram, dan lain sebagainya. Bahkan meskipun bot tersebut meminta Anda menyerahkan informasi tersebut namun Anda jangan memberikan.

Selain itu, Anda juga perlu hati-hati pada saat membuka file yang Anda terima dari bot. Bisa saja file yang Anda terima merupakan jebakan yang ketika Anda membuka filenya, data-data pribadi Anda bisa terambil. Bisa juga file tersebut mengandung virus. Maka dari itu, Anda tidak boleh sembarangan memberikan informasi penting Anda kepada bot.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian, fungsi, dan bagaimana cara membuat bot. Kesimpulannya, Telegram menyediakan bot yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan peran Anda dalam membalas berbagai pesan yang masuk. Fitur yang sangat bermanfaat karena Anda tidak perlu membalas pesan orang lain satu per satu.

Jika Anda termasuk yang berkomunikasi dengan bot, jangan sampai Anda memberikan informasi penting. Jangan berikan nomor rekening, kode Telegram, password, dan lain-lain. Anda juga jangan langsung membuka file yang Anda terima dari bot. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment