Cara Scan Dokumen

Pada artikel ini, Miapiellealpha akan membahas Cara Scan Dokumen, simaklah artikel berikut. Banyak dari kita yang kerepotan karena harus bolak-balik ke tempat fotocopy atau ke rumah teman cuma untuk bisa meng-scan berkas atau foto kita karena tidak mempunyai alat scanner sendiri, dan hal itu juga lumayan membuang-buang uang kita, dan juga alat pemindai atau scanner bisa terbilang mahal.

Namun, Kemajuan teknologi membuat permasalahan yang ada menjadi lebih mudah dan sederhana. Gak perlu alat scanner khusus lagi, kamu bisa mulai memindai dokumen apapun memakai ponsel pintar kesayanganmu. Di masa sekarang, memindai dokumen tidak lagi harus melibatkan mesin printer yang berukuran besar itu.

Yang kamu butuhkan hanya sebuah ponsel pintar dan aplikasi pemindai yang bagus. Tips ini pastinya lebih hemat dan juga mudah, hasilnya juga tidak kalah bagus dari alat pemindai. Dengan aplikasi tertentu, kamu bisa memindai dokumen hanya dengan mengambil gambar.

Gak cuma itu, kamu juga bisa mengubah dokumen yang dipindai menjadi format PDF serta membagikannya melalui layanan sharing terkenal seperti Dropbox atau Google Drive. Berikut ini adalah beberapa cara memindai dokumen dengan menggunakan ponsel yang sudah Mia Pielle Alpha rangkum dari berbagai sumber.

Berikut adalah cara scan dokumen menurut Miapiellealpha :

Scan Dokumen Melalui Google Drive

Bagi kamu selaku pengguna Android, jangan repot-repot mengunduh aplikasi scan tambahan. Aplikasi Google Drive sudah dapat di manfaatkan sebagai pemindai dokumen. Kamu bisa menyimpannya kedalam format PDF di Google Drive kamu. Berikut adalah caranya :

  1. Jalankan aplikasi Google Drive
  2. Di bagian kanan bawah, tekan Tambah ( Add )
  3. Selanjutnya, pilih opsi Scan
  4. Ambil foto dokumen atau berkas yang ingin kamu scan.
  5. Kemudian sesuaikan area pemindaian dengan menekan Pangkas ( Crop )
  6. Ambil foto lagi lalu tekan Re-scan halaman Re-scan current page
  7. Jika kamu ingin scan halaman lain, tekan Tambah ( Add )
  8. Selanjutnya, simpan dokumen yang sudah selesai, tekan Selesai ( Done )

Dokumen atau berkas yang kamu foto akan ter-scan seperti kalian memasukkannya ke mesin pemindai. Hasil scan yang sudah di unggah akan di tambahkan ke Google Drive sebagai PDF dan di awali dengan nama Scanned, di ikuti oleh tanggal dan waktu. Kamu bisa memindahkan, mengganti nama, dan menghapus dokumen atau berkas yang di pindai dengan cara menekan tiga titik yang berada di sebelah nama file.

Untuk lebih mempermudah dan mempercepat dalam memindai dokumen atau berkas di saat yang akan datang, kamu bisa menambahkan pintasan Pemindai Google Drive ke layar utama ponsel kamu. Berikut adalah caranya:

  1. Buka widget ponsel atau tablet Android kamu.
  2. Selanjutnya, cari widget Drive Scan.
  3. Tekan dan tahan widget.
  4. Geser widget Drive Scan ke layar utama kamu. Biasanya akan di minta untuk memilih akun.
  5. Kemudian pilih folder tempat kamu menyimpan dokumen atau berkas. Jika kamu ingin membuat folder, tekan Folder Baru.
  6. Tekan Pilih. Maka kamu akan melihat nama folder di widget.

Cara Scan Dokumen Melalui iPhone

Saat rilis iOS 11, iPhone menambahkan fitur pemindaian baru ke dalam Notes, jadi bagi kamu yang ingin menggunakan pengaturan ini, hal pertama yang harus di lakukan adalah memastikan iPhone kamu telah di perbarui ke iOS 11. Berikut adalah langkah-langkah untuk memindai dokumen atau berkas menggunakan iPhone dengan fitur pemindaian di Notes :

  1. Pertama, buka Notes.
  2. Tekan ikon kotak berisi pensil untuk membuat catatan baru.
  3. Tekan lingkaran dengan tanda ( + ).
  4. Maka akan muncul menu di atas keyboard kamu. Saat menu muncul, tekan lagi lingkaran dengan tanda ( + ).
  5. Kemudian kamu pilih Scan Documents.
  6. Selanjutnya, posisikan kamera smartphone kamu ke dokumen atau berkas yang akan di pindai. Kamera akan otomatis fokus dan mengambil gambar dokumen atau berkas kamu atau kamu dapat mengontrolnya secara manual dengan menekan tombol rana sendiri.
  7. Setelah kamu memindai halaman, Notes akan menunjukkan kepada kamu pratinjau dan memberikan pilihan untuk Keep Scan atau Retake.
  8. Setelah selesai memindai semua halaman, kamu dapat melihat daftar dokumen yang sudah di pindai di dalam Notes. Jika kamu ingin melakukan koreksi, seperti merotasi atau memotong gambar, cukup tekan gambar di dalam halaman yang ingin kamu koreksi, setelah itu akan muncul opsi pengeditan di tampilkan.
  9. Ketika kamu selesai mengoreksi dokumen atau berkas, selanjutnya, tekan Selesai / Done di bagian kiri atas untuk menyimpan pemindaian yang sudah di sesuaikan secara otomatis.
  10. Kemudan saat kamu selesai memindaian sebagai PDF, tekan ikon Unggah / Upload. Maka kamu dapat memilih untuk membuat PDF, menyalin ke program lain, atau lainnya.
  11. Tekan Buat PDF. PDF dari dokumen yang di pindai kamu akan terbuka di Notes. Ketuk Selesai / Done.

Baca juga

Kompresi PDF ke Word

Selain menggunakan aplikasi bawaan seperti Google Drive atau menggunakan iPhone, kamu juga bisa menggunakan aplikasi dari Play Store, antara lain :

CamScanner

CamScanner adalah scanner dan penyimpan file portable. Seperti mengubah smartphone menjadi scanner portable, mesin faksimile, PDF converter, alat ekstraksi teks, maupun berbagi file docs. Aplikasi ini sangat memudahkan kamu untuk melakukan scan dokumen-dokumen atau berkas kantor dengan cepat, mudah dan dengan hasil yang bagus.

Berikut adalah cara scan dokumen menggunakan CamScanner :

  1. Unduh dan pasang aplikasi CamScanner
  2. Selanjutnya, daftar dan masuk ke aplikasi CamScanner, atau kamu bisa juga langsung menggunakan aplikasi CamScanner tanpa perlu login ke dalam aplikasi.
  3. Tekan logo kamera yang ada di bagian kanan bawah
  4. Pindai dokumen atau berkas yang ingin kamu scan
  5. Selanjutnya pilih Next, dan foto akan otomatis memotong bagian yang tidak penting dan mengubah foto menjadi hasil scan
  6. Kemudian, tekan tanda rumput yang ada di bagian pojok kanan bawah, maka hasil dari scan foto tugas tersebut sudah tersimpan
  7. Selanjutnya, kamu bisa berbagi file dalam bentuk PDF maupun JPG tersebut ke media sosial lainnya. Jika menggunakan cara yang lain, kamu hanya perlu menekan tombol bagikan yang ada di bagian pojok kanan atas layar.
  8. Lalu, pilih Share PDF atau Share JPG sesuai kebutuhan kamu
  9. Kamu bisa mengubah dokumen hasil scan agar tidak ada Watermark dengan cara menghapus watermark CamScanner yang ada di bagian pojok kanan bawah layar dengan cara menekan tulisan Watermark tersebut
  10. Kemudian tekan tombol Share yang ada di bagian pojok kanan atas layar
  11. Terakhir pilih aplikasi yang kamu inginkan untuk berbagi file hasil scan tersebut.

Kamu bisa mendownload CamScanner disini.

Adobe Scan

Adobe scan merupakan Aplikasi Scan yang tidak memakai watermark pemindai pdf portabel yang langsung mengenali teks.

Berikut adalah cara scan dokumen menggunakan Adobe Scan :

  1. Unduh dan pasang aplikasi Adobe Scan
  2. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti saat kamu membuka kamera di smartphone kamu
  3. Kemudian arahkan kamera ke dokumen atau berkas yang ingin di scan seperti biasa dengan menggunakan kamera biasa
  4. Sesuaikan foto tugasmu dengan memotongnya menggunakan fitur crop yang di sediakan oleh Adobe Scan
  5. Selanjutnya simpan hasil scan foto tugasmu dalam bentuk PDF dengan cara menekan tombol Save PDF di bagian pojok kanan atas

Kamu bisa mendownload Adobe Scan disini.

Berikut adalah artikel mengenai cara scan dokumen menggunakan aplikasi bawaan seperti Google Drive maupun Aplikasi dari Playstore. Jika artikel ini menarik, bagikanlah ke teman teman kalian.

Leave a Comment