Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android– Ketika membeli smartphone android yang baru, perangkat sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan. Beberapa aplikasi memang bisa user pergunakan, namun sebagian sisanya justru sama sekali tidak pernah terpakai.

Lama kelamaan permintaan update menjadi mengganggu pemilik android. Sehingga niatan menghapus aplikasi bawaan android lebih besar lagi. Permasalahannya, tahapan menghilangkan bloatware tidak semudah uninstal aplikasi biasa.

Aplikasi bloatware juga berpotensi membuat perfoma smartphone melambat. Meski tidak menyimpan virus seperti malware ataupun trojan. Tetap saja mengganggu lantaran terus mengambil kapasitas RAM ponsel. Artikel ini akan membagikan cara mudah menghilangkan bloatware dari handphone android. Jadi silahkan membaca pembahasan hingga akhir, check this out!

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Lewat Pengaturan

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android– Bloatware merupakan cara produsen smartphone android, untuk menaikkan trafic pengguna aplikasi buatan sendiri. Awalnya cara ini pertama kali dicoba oleh produk Windows. Windows memang sukses membuat daftar panjang aplikasi bawaan yang tak banyak digunakan.

Serupa dengan kondisi pengguna smartphone, mereka kebingungan mencari cara menghapus aplikasi bawaan android. Bloatware telah terkunci dalam sistem dari awal pengguna terima. Semakin hari aplikasi tersebut mengambil tempat dari ruang penyimpanan ponsel. Tentu menyulitkan jika ponsel Anda hanya mempunyai kapasitas penyimpanan terbatas.

Selain itu bloatware juga memakan daya baterai meski jarang atau bahkan tak pernah Anda pergunakan. Langkah pertama menghapus aplikasi bawaan adalah melalui sistem pengaturan android. Cara ini tergolong aman karena tidak perlu melakukan rooting perangkat.

  1. Masuk ke dalam sistem pengaturan smartphone atau settings.
  2. Pilih aplikasi pada daftar menu ponsel.
  3. Pilih aplikasi bawaan yang akan Anda uninstal. Terdapat beberapa apps yang tidak bisa sepenuhnya pengguna hapus. Seperti jam, kontak, perangkat layanan, radio, dll.
  4. Tentukan aplikasi yang diinginkan, misalkan Google camera,  user harus ketuk apps- klik force stop atau uninstal.

Menghilangkan apps juga bisa dengan mendisable pada perangkat android. Disable merupakan alternatif lain, jika apps tidak mungkin 100% hilang dari ruang penyimpanan.

  1. Buka sistem pengaturan smartphone atau settings phone.
  2. Klik apps pada menu utama.
  3. Ketuk aplikasi bawaan yang Anda pilih.
  4. Cari opsi untuk disable, sebab tampilan bergantung jenis ponsel milik user.
  5. Klik opsi disable akhiri dengan ok.

Setelah menerapkan dua cara di atas, maka otomatis bloatware tidak bekerja lagi pada smartphone. Daya tahan baterai pun jauh lebih lama termasuk kapasitas ruang penyimpanan. Anda tidak akan terganggu iklan ataupun keharusan mengupdate perangkat yang jarang terpakai.

Keuntungan Menonaktifkan Aplikasi Bawaan di Smartphone

Banyak pengguna yang masih belum memahami apa keuntungan menonaktifkan aplikasi bawaan.  Aplikasi sendiri terbagi atas dua kategori, yaitu instalasi provider dan instalasi pengguna ponsel.

Pada dasarnya bloatware terdiri atas apps standar yang membantu fungsi kerja perangkat. Hanya saja apakah semua user membutuhkan apps untuk mengetahui langkah kaki per hari. Apakah Anda merupakan pengguna aplikasi streaming atau Google Play Movies & TV? Jika jawabannya tidak, maka apps tersebut sia-sia terinstalasi pada perangkat.

Keuntungan menghapus beberapa apps bawaan yang mengganggu, diantaranya aplikasi lain bergerak lebih lancar, tidak mengganggu koneksi internet, baterai lebih awet, dan ruang penyimpanan lebih luas. Sebenarnya selain dengan kedua cara diatas, user juga bisa mencoba non aktifkan apps lewat PlayStore.

Menghilangkan Aplikasi Bawaan Pada Android  Lewat PlayStore

Google PlayStore merupakan “rumah” bagi semua aplikasi yang bekerja di smartphone. Pilihan tersebut tersedia pada fitur aplikasi & game. Pertama-tama bukalah dahulu aplikasi Google PlayStore. Ketuk ikon yang melambangkan akun Google user.

Kemudian pilih menu – klik My apps & game – installed, dalam sekejap semua apps yang terpasang akan muncul daftarnya. Lanjutkan dengan mengetuk aplikasi yang hendak Anda non aktifkan. Apps yang user pilih segera menampilkan tampilan penuh halaman. Pilih opsi hapus atau uninstal pada apps tersebut.

Setelah apps yang tidak Anda inginkan berhasi teruninstall, maka celah keamanan terbuka semakin diperkecil. Kebanyakan aplikasi-aplikasi seperti itu meminta akses membuka contact, peta, kamera, dan galleri photo. Bisa saja terjadi kebocoran data dari apps yang bahkan tidak pernah kita pergunakan.

Status disable dan uninstal sudah pasti berbeda, jika perangkat mendisable apps artinya keberadaannya masih terdapat pada ponsel. Namun sudah tidak bekerja sekalipun sebagai latar belakang. Berbeda halnya jika status apps adalah uninstal, artinya benar-benar tidak ada sisa jejak apps pada perangkat.

Rekomendasi Aplikasi Penghapus Bloatware Pada Android

Menonaktifkan bloatware pada smartphone android atau aplikasi bawaan. Dapat mengandalkan rekomendasi apps tambahan penghapus bloatware. Langkah ini bisa Anda pilih, jika menginginkan cara unisntall yang lebih mudah.

Sejumlah pengguna android memang membutuhkan aplikasi tambahan.Demi menghilangkan gangguan iklan seperti di android Xiaomi. Perintah updating perangkat oleh provider tersampaikan dalam bentuk iklan pop up. Berikut adalah sejumlah apps yang diperuntukkan bagi ponsel setelah rooting atau belum rooting.

CCLeaner

Aplikasi ini berfungsi membersihkan semua isi memori ponsel dan cache HP sehingga bergerak lebih ringan. Apps bisa Anda dapatkan langsung dari Google PlayStore. Sangat bisa Anda andalkan jika ponsel bekerja lambat karena penuh dengan junk. Ccleaner mampu mengoptimasi dan mendorong perfoma android. Bekerja optimal pula pada reclaim space, membersihkan RAM, memonitor sistem android dan banyak lainnya.

Sejauh ini terdapat 1 juta lebih pengguna yang menginstalasi aplikasi penghapus bloatware. Aps hanya membutuhkan kapasitas 14 MB ruang penyimpanan. Berikut langkah mudah menggunakan aplikasi:

  • Instalasi apps melalui PlayStore- pilih app manager- pengaturan sistem – tab ikon tong sampah – pilih aplikasi bawaan yang akan dihapus – mulai hapus aplikasi- ketuk ok untuk pertanyaan apakah benar-benar yakin menghapus apps tersebut.

Root Explorer

Aplikasi root explorer mengharuskan pengunduhnya membayar sekitar 50 ribu rupiah. Berguna sebagai apps wajik bagi smartphone yang telah di root. Fungsi utama apps ini adalah membuka, mengedit dan menghapus file format apapun dalam sistem android.

Cara menavigasikan perangkat juga sangat mudah, yaitu memilih mount as r/w pada pojok kanan atas. R/w artinya adalah read and write dan bukan r/o yang hanya bisa membacanya saja. Masuk ke folder system kemudian pilih fitur apps.

Seketika user bisa melihat apa saja pilihan untuk aplikasi bawaan yang tersimpan pada sistem android. Pilih apps yang akan Anda hapus denga menekan dan tahan. Hingga keluar opsi delete, segera pilih opsi tersebut agar apps terhapus otomatis.

Pastikan dahulu apa yang akan user hapus bukanlah apps yang bersifat vital untuk ponsel. Pasalnya posnel bisa mengalami bootloop jika salah menghapus aplikasi bawaan. Alih-alih ingin memperlancar perfoma perangkat, malahan berakibat device bekerja tidak normal.

Titanium Backup

Satu lagi aplikasi tambahan yang bisa pengguna android instal dari PlayStore. Titanium Backup bekerja lebih optimal pada smartphone yang telah di root. Apps memiliki sejumlah fitur penting seperti membackup semua aplikasi, market links, hapus bloatware dari android.

Sudah ada 25 juta user yang menginstalasi apps pada ponselnya. Aplikasi tersedia dalam 32 lebih bahasa pengantar. Sehingga tidak akan sulit mengikuti tahapan demi tahapan uninstal apps. Aplikasi Titanium Backup terbagi atas dua versi, yaitu gratis dan berlangganan. Kemampuan terbaru yang apps bisa lakukan adalah membua beberapa device tidak muncul pada menu.

Cara menghapus aplikasi bawaan android memang sangat beragam. User hanya perlu memilih salah satu cara yang paling mudah menurut pribadi. Terlepas menggunakan apps bawaan atau secara manual Semua langkah tersebut sangat recomended memecahkan persoalan Anda.

Leave a Comment