Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android– Apa yang Anda rasakan ketika tanpa sengaja foto di gallery hilang. Pastinya merasa panik dan mungkin saja bingung karena tidak mengerti harus bagaimana. Hal pertama yang terlintas mungkin mengunduh aplikasi. Tetapi tahukah Anda aplikasi apa saja yang cocok untuk smartphone?

Sistem penyimpanan pada ponsel android, sejatinya hampir mirip dengan pc yang memiliki recycle bin. Smartphone juga memiliki backup data dan trash folder untuk mengambil foto. Namun, bagaimana solusi untuk foto yang hilang permanen? Artikel ini memiliki cara mengembalikan foto yang terhapus di android.

Sedikit info bagi pembaca, data yang terhapus di ponsel android tidak serta merta hilang. Melainkan berubah formatnya menjadi byte. Tugas kita adalah merestore kembali file yang sudah berubah format. Sebaiknya lakukan tindakan tersebut secepat mungkin, usahakan pula tidak menghapus apapun. Pasalnya file kemungkinan tertumpuk lebih dalam dan hilang selamanya.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Smartphone berbasis android belakangan ini sudah rilis dengan sitemasi backup yang bagus. Biasanya foto dan video pada gallery juga terhubung ke Google Photos. Tentu saja dengan catatan ponsel sebelumnya telah disinkronisasi oleh pengguna.

Kelebihan mensinkronisasi foto ke Google Photos sebagai aplikasi bawaan android. Berhubung apps bawaan tidak bisa kita uninstal, sangat disayangkan jika tidak kita manfaatkan sebaik mungkin. Google Photos memiliki kepintaran dan fungsi yang lebih cerdas dari gallery biasa.

Secara umum, pengguna dapat memfungsikanya sebagai cloud storage. Maka dari itu Anda tidak perlu khawatir memulihkan foto yang tanpa sengaja terhapus. Cara mengembalikan foto yang terhapus, sejatinya tidaklah membutuhkan keahlian khusus.

Pengguna hanya perlu masuk ke fitur Google Photos. Kemudian menekan menu utama dan pilih fitur trash (ikon tempat sampah). Umumnya disana tersimpan semua foto dan video yang sudah pengguna putuskan untuk delete. Cukup ketuk file yang hendak Anda restore, kemudian pilih opsi restore dan bukan delete permanen. Secara otomatis file tersebut kembali ke posisi penyimpanan semula.

Pengguna juga dapat memanfaatkan sistem operasi komputer untuk memulihkan gambar. Caranya login ke email yang sama dengan smartphone Anda. Kemudian pilih perangkat dan ketuk fitur Google Photos.

Cara Memulihkan Video dan Foto yang Terhapus Lewat Komputer. Pada sisi sebelah kiri terdapat ikon trash persis diponsel Anda. Ketuk ikon tersebut dan periksa apakah file bisa Anda cadangkan kembali. Setiap 60 hari file sampah akan terhapus permanen dari kolom trash.

Solusi Pulihkan Foto Terhapus Permanen Ke Galeri Android

Lantas masih adakah harapan untuk pulihkan foto yang terhapus permanen? Dumpster bisa Anda andalkan untuk merestore gambar dan video yang hilang dari memori. Fungsi dumpster untuk ponsel android persis seperti cloud storage.

Aplikasi yang telah terinstal langsung mampu memindai otomatis file hilang. Kemudian semua file yang ditemukan aman tersimpan dalam bin Dumpster. Semua data akan tersimpan rapi dan bisa pengguna temukan berdasarkan tangga juga ukuran file.

Aplikasi satu ini juga menerapkan sistem terenskripsi, sehingga tidak ada kemungkinan rahasia pengguna bocor karen orang jahil. Melalui bin Dumpster Anda dapat memilih mana saja gambar yang akan dikembalikan ke folder. Apps bisa Anda instal gratis dari PlayStore.

Suda ada 45 juta pengguna yang puas dengan perfoma Dumpster. Tercatat sebagai utilitas  nomor 1 untuk memulihkan foto yang terhapus. Pemulihan data yang cepat mampu menjangkau penyimpanan internal dan eksternal.

Tidak jauh berbeda adapula aplikasi andalan yang bisa memulihkan foto yang terhapus permanen. DiskDigger photo recovery merupakan aplikasi populer di PlayStore. Apps akan bekerja memulihkan gambar terhilang permanen di android.

Pengguna smartphone juga bisa memakai apps tanpa perlu meroot ponsel dahulu. Meskipun menurut developer, root memungkinkan pengguna meraih file hingga letak paling dalam. Kegunaan root sendiri menunlocked file sehingga lebih mudah Anda akses. Sayangnya terdapat sejumlah kemungkinan negatif. Apabila Anda tetap bertekad merooting smartphone.

Cara Kerja Aplikasi DiskDigger

Pada smartphone yang sudah ter-root, pengguna tingal masuk ke dalam apps. Kemudian klik start basic photo scan. Apps akan bekerja otomatis menscanning foto-foto yang sebelumnya terhapus. Setelah proses selesai semua gambar akan muncul dan siap Anda pilih.

Pilih opsi recover untuk mengembalikan gambar yang sudah pengguna tentukan. Apps ini membolehkan Anda memilih lokasi penyimpanan di smartphone. Sementara itu cara penggunaan apps untuk ponsel yang belum terooting.

  1. Masuk ke aplikasi DiskDigger
  2. Pilih file foto dari memori internal atau memori eksternal.
  3. Klik ok setelah menchecklist file yang Anda ingin restore.
  4. Pilih opsi recover dan akhiri dengan menyimpan file ke folder awal.

Rekomendasi Aplikasi Recovery Foto di Android

  • Deleted Photo Recovery Free

Aps satu ini rekomendasi pertama untuk pengguna smartphone. Pengguna bisa menginstalasi secara gratis tanpa perlu biaya langganan. Sistem kerjanya juga terbilang praktis dan cepat. Pasalnya Deleted Photo Recovery Free memang dikhusus bagi pengguna ponsel amatir. Sangat cocok membantu Anda yang kurang paham otak-atik alat elektronik. Setelah terestore kualitas foto masih tetap seperti semula.

  • Restore Image

Pengguna aplikasi Restore Image cukup besar di Indonesia. Apps mampu Anda manfaatkan sebanyak mungkin mengembalikan file gambar. Fungsi utama memang sama dengan aplikasi recover pada umumnya. Ukuran penyimpanan aplikasi Restore Image tidak akan menghabiskan jatah storage. Menariknya lagi pemilik smartphone lama juga bisa menginstalnya di ponsel.

Artinya aplikasi kompatibel untuk mengembalikan gambar dari ponsel lama Anda. Bukan hanya hilang, semua data yang telah terhapus permanen juga bisa terpindai kembali. Kualitas foto tidak akan menurun alias sama seperti sebelumnya. Playstore merekomendasikan Restore Image sebagai apps recovery tanpa root.

Photo Recover Workshop

Masih ada lagi aplikasi unggulan untuk mengembalikan foto yang terhapus. Namanya Photo Recovery Workshop, tersedia bebas di PlayStore dan gratis. Cara menggunakannya sangat mudah dengan tampilan user interface kekinian.

Developer menjamin jika semua file pasti akan kembali ditemukan. Selain bisa mengembalikan file JPEG yang terhapus ke gallery foto. Aplikasi juga mampu mencari file dengan format lain seperti PNG, TIFF, GIF, BMP, PDF, DOC, MP4, PPT, dan banyak lagi.

Recover Foto Mandiri Hemat Biaya Service

Sejauh ini tentu Anda memahami betapa mudah dan sederhananya, cara mengembalikan foto yang terhapus. Bayangkan jika sebelumnya penggua langsung membawa ponsel ke pusat service. Mungkin harus mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya perbaikan.

Hanya saja sebaiknya tidak terlalu sering melakukan recovery data, supaya kondisi memori Anda tidak mudah corrupt. Selalu ada dampak dari setiap tindakan perbaikan. Lebih disarankan untuk memulihkan file tanpa bantuan aplikasi.

Selain memori penyimpanan aman, launcher juga tidak bekerja terlampau keras karena aplikasi baru. Maka dari itu biasakan mensinkronisasi smartphone dengan fitur bawaan ponsel seperti Google. Cara ini lebih sehat untuk memulihkan kondisi perangkat pintar Anda.

Pergunakan pula semua aplikasi yang tidak mengharuskan Anda melakukan rooting perangkat. Meskipun berkat root semua file terkunci bisa pengguna akses. Tetap saja sistem keamanan menjadi longgar. Mungkin saja data terambil saat securitas kurang terjaga. Bahkan jaminan garansi pabrik pun turut hilang. Demikian pembahasan mengembalikan gambar yang hilang dari ponsel, semoga berguna!.

Leave a Comment