Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android– Smartphone sudah menjadi media penyimpanan utama selain PC ataupun laptop. Bagaimana tidak, berkat besarnya RAM dan kecanggihan aplikasi di dalamnya. Berbagai format file dengan mudah tersimpan pada ponsel.

Namun kadang kala terjadi peristiwa tak terduga seperti data terhapus tanpa sengaja. Daripada kehilangan sejumlah data penting, lebih baik pelajari cara mengembalikan data yang terhapus di android.

Melalui artikel ini pembaca bisa mempraktekkan langkah-langkah mudah. Diantaranya melalui bantuan Google, aplikasi tambahan, ataupun software unggulan. Sama sekali tidak dibutuhkan keahlian khusus. Anda hanya perlu mengikuti panduan hingga akhir. Tanpa berlama-lama berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Andalkan Google untuk Mengembalikan Data yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android– Kehilangan data dari smartphone sudah pasti kesal, terlebih lagi peristiwa tersebut akibat kelalaian kita. Sejumlah data penting seperti dokumen, foto, video, musik, contact, game dll. Biasanya sangat sulit meraih kembali bila terlanjur hilang.

Cara pertama yang akan kita pelajari tidak membutuhkan proses root terlebih dahulu. Google memiliki sejumlah fitur untuk mengembalikan data yang terhapus di android. Langkah awal yang paling lumrah di kehidupan kita adalah Google Drive.

Drive merupakan cloud storage gratis yang diperuntukkan bagi pengguna android. Trash drvie merupakan fitur penyimpanan data yang user hapus. Anda dapat langsung membukanya lewat smartphone, bisa juga login melalui tampilan dekstop. Cloudstorage akan menyimpan data pada fitur trash maksimal 60 hari. Selanjutnya sistem akan menghapus secara otomatis.

Lantas bagaimana cara mengembalikan data games yang sudah terhapus? Maka jawabannya adalah pilih Google Playstore, tepatnya langsung lihat kolom MyApps&Games. Kemudian carilah data riwayat unduhan game yang Anda maksudkan. Lanjutkan dengan mensinkronisasi kembali data tersebut.

Mungkin Anda tidak bisa memperoleh riwayat file seperti sedia kala. Game yang terlanjur hilang lantaran teruninstall, sebaiknya Anda instalasi kembali. Cloud storage seperti Drive kompatibilitas untuk menyimpan data game. Sehingga kedepannya tidak lagi sulit mencarinya.

Google Photos Menarik Kembali Foto yang Hilang di Android

Bagi pengguna smartphone android tentu tidak asing lagi dengan aplikasi Google Photos. Fitur bawaan milik Google ini, bisa Anda pergunakan menarik kembali foto yang hilang. Proses kerjanya sendiri sangat cepat dan tidak membutuhkan keahlian tertentu.

User harus terlebih dahulu membuka aplikasi Google Photos yang sebelumnya menyimpan foto.Tekan tombol panah tepat disamping fitur trash, pilih restore dan bukan delete permanen. Secara otomatis file foto akan kembali ke posisi awal foto di dalam galleri ponsel.

Google contact juga bisa Anda gunakan menemukan data kontak yang hilang. Kecenderungan user menyimpan kontak pada settingan ponsel. Sehingga saat ponsel mengalami sesuatu hal, seseorang kehilangan kontak yang sudah tersimpan.  Pergunakan Google contact untuk mengembalikan data yang terhilang. Cara ini lebih optimal, jika Anda membukanya melalui tampilan dekstop. Kemudian dilanjutkan dengan merestore contact. Secara otomatis kontak akan mensikronisasi smartphone dengan backup data terdaftar. Periksa saja email masuk dari Google contact, karena laporan user terima melalui surat elektronik.

Menggunakan Aplikasi Dumpster  Kembalikan File Android

Aplikasi tambahan pada ponsel juga bisa Anda andalkan untuk restore data. Aplikasi rekomendasi yang pertama adalah Dumpster. User dapat menguduhnya langsung dari PlayStore, apps satu ini bekerja optimal tanpa proses root. Fungsi utamanya adalah mengembalikan data yang sudah tersimpan dalam smartphone.

Beri izin pada aplikasi untuk mengakses memori penyimpanan internal dan eksternal smartphone. Setelahnya informasi data akan muncul pada halaman urama aplikasi. User tinggal mengkategorikan file apa yang sekirang hendak di restore. Caranya tekan data terkait kemudian pilih opsi restore.  Selanjutnya data akan kembali pada lokasi penyimpanan semula.

Jika user belum menemukan data yang dimaksudkan, dapat pula menekan ikon tiga garis pada sisi kiri layar atas. Pilih opsi Deep Scan Recovery, agar apps memindai kembali hingga jangkauan terdalam. Dalam sekejap saja file foto, video dan audio bisa Anda temukan.

DiskDigger

Aplikasi DiskDigger bisa user download secara langsung dari PlayStore. Aplikasi tidak berbayar dan berfungsi optimal pada perangkat tanpa root. Anda dapat mengandalkan apps demi mencari data hilang dalam format JPG, MP4,MP3, GIF, PNG, MOV, dan sejenisnya.

Apps membantu pengguna melakukan penyortiran berdasarkan ukuran data dan tanggal. File yang nantinya berhasil apps restore ke folder ponsel. Memiliki ukuran dan kualitas yang tetap sama seperti sebelum terhapus.

ES Explorer File Manager

ES Explorer sangat handal mengembalikan data unduhan. Berfokus pada berbagai data yang sudah Anda download sebelumnya. Namun entah bagaimana unduhan tersebut hilang. Aplikasi ini juga bagus mengembalikan berbagai format data yang terhilang.

Selain kompatibilitas pada perangkat smartphone android, ES Explorer juga bisa diinstal pada perangkat bersistem komputer. Menggunakan jasa apliksi satu ini, tidak mengharuskan Anda membayar biaya langganan.

ES Explorer juga mengatasi masalah yang diakibatkan oleh serang virus seperti Trojan dan Malware. Ibaratnya Anda memiliki satu aplikasi dengan beberapa kegunaan penting. Tanpa perlu mempersiapkan anggaran, ruang penyimpanan pun tidak memakan space terlampau besar.

Memulihkan Data Terhapus di Android dengan Software Recuva File Recovery

Jika sebelumnya kita berfokus pada aplikasi restore data di android. Maka sekarang giliran memilih rekomendasi software yang bisa mengembalikan data pada smartphone. Pilihan pertama jatuh pada perangkat lunak Recuva File Recovery. Tentu saja selain ponsel Anda, user juga perlu mempersiapkan device lain seperti PC atau Laptop.

Recuva cukup populer sebagai software recovery terbaik, kemampuannya mengembalikan file terhapus pun tidak perlu Anda pertanyakan. Langkah pertama adalah mengunduh terlebih dahulu software Recuva File Recovery dan instalasi pada perangkat.

Lanjutkan dengan running software kemudian sambungkan pada android memakai konektor seperti USB. Pilih jenis file yang hendak user restore ke folder ponsel. Jika tidak ingat file berada dimana, disarankan memilih opsi all file. Dengan begitu semua jenis file terhapus akan muncul kembali.

Silahkan pilih folder storage teakhir sebelum file atau data terlanjur hilang. Kemudian jadikan itu sebagai lokasi file di recovery oleh software. Proses scanning membutuhkan beberapa saat hingga semua data kembali. Tunggu hingga tanda scanning data selesai dan tampil sebelum tersimpan kembali.

Cara menarik data hilang ke android satu ini tergolong sederhana. Tidak membutuhkan keahlian khusus apalagi meminta teknisi. Amatir sekalipun bisa membalikan data yang hilang dalam sekejap waktu.

Wondershare Dr.Fone

Rekomendasi terakhir software recovery adalah Wondershare Dr.Fone. Masih mengandalkan PC atau Laptop untuk mengembalikan data ke android. Perangkat lunak satu ini bekerja khusus,  untuk mengorganisasikan data yang sudah terhapus permanen. Silahkan terlebih dahulu unduh software melalui website official Wondershare Dr.Fone.

Setelahnya instalasi software agar bekerja di perangkat sistem operating computer. Pergunakan kabel USB untuk menghubungkan android pada komputer. Aktifkan terlebih dahulu mode debugging pada smartphone. Supaya software mampu menjangkau memori internal dan eksternal android.

Pilih jenis file yang user sedang cari, kemudian biarkan software melakukan pemindaian data. Dalam sekejap saja data hilang dapat ter-restore. Klik opsi recover untuk menyetujui data kembali ke posisi semula.

Disamping jagoan sebagai software recovery file android, Wondershare juga ampuh menjadi backup data smartphone. User bisa berganti ponsel, tanpa perlu pusing memindahkan memori sebelumnya.

Kesimpulan

Cara mengembalikan data yang terhapus di Android menjadi informasi berguna saat ini. Kita lebih mandiri menyelesaikan permasalahan terkait perangkat pintar. Anggaran pun lebih terjaga dari keharusan membawa ponsel ke tempat service elektronik.

Sebagai informasi, data yang terhapus tidak serta merta hilang begitu saja. Semua masih tersimpan rapi dalam memori ponsel. Hanya saja akibat terhapus format file otomatis berubah. Akibatnya perangkat tidak menemukan kembali data yang terhapus.

Anda cukup menyesuaikan mana sajakah tahapan yang paling cocok dengan situasi saat ini. Aplikasi Google cukup efektif menarik data hilang yang belum berganti format. Sementara jangkauan pemindaian lebih dalam, jauh fleksibel memanfaatkan aplikasi atau software recover.

Leave a Comment