Cara Mengatasi Layar HP Android Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar HP Android Bergerak Sendiri– Apakah Anda pernah dihadapkan pada situasi ketika layar HP Android bergerak sendiri? Peristiwa tersebut bisa juga kita sebut sebagai ghost touch. Screen ponsel bukan hanya bisa bergerak acak, bahkan ada kalanya tanpa kehendak pengguna membuka aplikasi secara random.

Tentu menjadi masalah jika smartphone malahan menimbulkan aktivitas abnormal. Seperti melakukan panggilan atau parahnya menghapus file penting. Penyebab terjadinya aktivitas ghost touch cukup beragam. Semua penyebab memiliki cara mengatasi layar HP Android bergerak sendiri.

Nah pada kesempatan kali ini, artikel secara khusus akan membahas penyebab screen bergerak. Lengkap dengan solusi mengatasinya, jadi pastikan untuk membaca informasi di bawah ini hingga akhir.

Cara Mengatasi Layar HP Android Bergerak Sendiri Akibat Charger

Cara Mengatasi Layar HP Android Bergerak Sendiri– Masalah pada layar smartphone Android akibat charger baterai. Kebanyakan diakibatkan persoalan hardware, salah satunya adalah kabel USB conector yang rusak.

Jika kabel pengantar arus listrik rusak, maka tidak dapat optimal mengantar tegangan yag sesuai voltage ponsel. Akibatnya tegangan pada smartphone menjadi tidak stabil. Hal tersebut lama kelamaan akan berimbas pada perfoma layar ponsel Android.

Screen HP awalnya menjadi tidak responsif terhadap sentuhan pengguna. Jika situasi terus berlanjut layar bisa bergerak sendiri dan total tidak berfungsi. Permasalahan lain yang diakibatkan oleh charger, adalah pemakaian hardware non original ponsel.

Layar HP Android bisa error juga disebabkan penggunaan charger yang tidak seharusnya. Original charger merupakan perangkat bawaan, yang Anda peroleh ketika membeli ponsel pertama kali. Meskipun Anda membeli charger satuan yang casingnya terlihat ori. Belum tentu voltage atau tegangannya aman bagi ponsel Anda. Lantas adakah cara mengatasi layar HP Android bergerak sendiri?

Solusi Mengatasi Toucscreen HP Android Error Akibat Charger

Cara paling cepat atasi toucscreen error HP Android yang diakibatkan charger baterai. Pertama jangan lanjutkan memakai perangkat penyebab kerusakan. Singkirkan sejauh mungkin kabel USB dan charger non original. Jika memungkinkan segeralah membeli perangkat asli dari gerai resmi sesuai brand smartphone.

Namun, apabila situasinya memang sudah tidak memungkinkan memperoleh charger original. Maka Anda dapat menggunakan sambungan USB pada PC atau perangkat serupa lainnya. Perangkat komputer lebih aman mengisi ulang daya baterai. Ketimbang mempergunakan charger yang palsu atau KW.

Tegangan yang dihasilkan oleh laptop cukup stabil, meskipun proses pengisian daya jauh memakan waktu. Agar layar ponsel tidak rusak kembali, jangan operasikan terlalu sering smartphone selagi proses charging.

Solusi lain atasi layar ponsel yang bergerak sendiri akibat charger adalah memakai power bank. Lebih baik Anda membeli power bank untuk alternatif isi ulang daya ponsel. Cara ini tergolong simple dan tidak membutuhkan banyak upaya. Power bank sendiri tidak memiliki potensi merusak layar ponsel, lantaran arus listrik yang disalurkan terbilang kecil.

Memori Internal Penyebab Layar Hp Android Gerak Sendiri

Awal dari kerusakan layar HP Android yang disebabkan oleh memori internal. Ponsel akan memberikan respon lambat, hingga lama kelamaan dapat bergerak random. Aksi ghost touching ini akibat ruang penyimpanan terlampau penuh. Penyebabnya memang tidak terjadi secara langsung, namun merambat dan mempengaruh sejumlah komponen smartphone.

Masalah yang diakibatkan memori internal penuh, umumnya akan Anda temukan pada smartphone versi Android lama. Ponsel keluaran dulu memang tidak dibekali sistem penyimpanan yang besar, Sehingga berpotensi membuat kinerja perangkat semakin berat. Alhasil perfoma touchscreen semakin tidak responsif.

Kebiasaan menumpuk data dan menyisakan sedikit ruang tersisa, tanpa kita sadari membuat baterai boros terbuang. Baterai yang cepat habis juga mempengaruhi perfoma perangkat Android. Solusi paling sederhana mengatasi touchscreen yang error. Dengan memindahkan file ke ruang penyimpanan lain seperti harddisk, pc, laptop, fd, cloud store dan sejenisnya.

Atasi Masalah Layar HP Android Lemot Karena Memori Internal

Lakukan restart ulang ponsel Android.

  • Refresh ponsel setelah memindahkan semua isi memori internal dan juga eksternal.
  • Caranya matikan ulang ponsel dengan menekan tombol power.
  • Lepas baterai non tanam – lepas kartu memori – lepas kartu seluler.
  • Diamkan ponsel dalam kondisi tersebut kurang lebih 2 menit.
  • Pasang kembali semua komponen yang Anda lepaskan.
  • Nyalakan kembali ponsel.

Hapus Cache pada ponsel Android.

Cache ponsel Android juga tersimpan pada memori internal. Hal tersebut jelas membuat ruang penyimpanan semakin penuh. Meskipun cache merupakan data sementara, memori internal tetap menyimpannya agar proses transfer data user lebih cepat. Aktivitas ini bisa merugikan pemilik ponsel bermemori terbatas.

  • Masuk ke menu settings ponsel Android.
  • Pilih opsi aplikasi – cari apps yang banyak membuat data cache.
  • Buka pengaturan aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi bersihkan cahce.

Reset ponsel ke opsi pengaturan Pabrik.

Jika sudah memindahkan data, restart, hingga hapus cache. Namun situasi masalah layar HP bergerak masih sama saja. Maka solusi lainnya adalah mengembalikan ponsel pada pengaturan pabrik. Dengan begitu ponsel Anda akan kembali ke setelan awal seperti perangkat baru. Mode recovery – pilih opsi menu factory reset – delete all user data.

Overheating Sebabkan Layar HP Erorr Bergerak Sendiri

Penyebab lain layar HP Android error bergerak sendiri adalah overheating alias panas berlebih. Pemicu umum ponsel mengalami panas berlebih, karena komponen, prosesor dan panel. Bisa pula diakibatkan persoalan yang lebih kompleks. Seperti terkait pada banyaknya penggunaan dalam satu waktu. Hingga tidak adanya jeda penggunaan perangkat pintar.

Aktivitas streaming non stop juga menyebabkan ponsel overheating. Pasalnya pengguna menikmati  tayangan dengan terhubung ke jaringan internet tanpa jeda. Layar ponsel secara terus menerus harus menyala. Ditambah lagi lengkap dengan speaker yang on, streaming atau menonton video berlebih menguras daya baterai.

Perubahan setting default ponsel Android, juga menjadi penyebab mengapa smartphone overheating. Terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu waktu juga mengindikasi kerusakan dini perangkat. Hal itu mengindikasi layar ponsel bergerak random dan tidak memahami perintah pengguna.

Jalan Keluar Selesaikan Ponsel Android Eror Akibat Overheat

Mencegah ponsel Android overheating lebih baik dari pada memperbaiki. Proses mitigasi dapat Anda andalkan mencegah ponsel mengalami panas berulang. Aktifkan mode hemat daya, supaya ponsel tidak bekerja berat. Lantaran komponen yang smartphone gunakan hanya terbatas. Selain itu kecerahan pada screen juga akan dikurangi otomatis.

Hapus junk Apps yang tidak pernah Anda gunakan, meskipun tidak dibuka aplikasi tetap menguras daya. Jadi idealnya langsung uninstall apps tak terpakai, deteksi aplikasi sampah menggunakan apps cleaner seperti AVG dari PlayStore.

Non aktifkan GPS dan Bluetooth karena menyebabkan daya baterai terpakai berlebihan. Ponsel yang terus mengaktifkan kedua jaringan tersebut. Membuat smartphone terus mencari koneksi jaringan. Tutup aplikasi secara benar, bukan sekedar menekan tombol home. Meninggalkan apps sebagai latar belakang, membuat aplikasi tetap bekerja meski tidak tampil pada layar.

Bug Firmware Sebabkan Screen HP Android Mengalami Gangguan

Bug Firmware penyebab gangguan screen HP Android. Sistem operasi Android yang di keluarkan Google adalah AOSP yang bersifat murni. Adapula optimasi sistem Android yang disebut dengan Custom ROM.

Perangkat yang mempergunakan Custom ROM untuk smartphone. Secara rutin memberi update untuk atasi bug pada firmware. Namun, tidak selamanya update perangkat sesuai dengan kapasitan ponsel.

Hasilnya ponsel menjadi error, seperti gangguan pada screen HP dengan aksi ghost thouch. Peristiwa bug firmware umumnya terjadi untuk update besar seperti menaikkan versi Android. Lantas adakah solusi atasi layar ponsel Android hang?

Solusi Atasi Layar Ponsel Android Hang Akibat Bug Firmware

Solusi untuk layar ponsel yang hang akibat bug frame, bisa dengan menunggu hingga update versi terbaru. Dapat pula dengan langsung mengembalikan versi Android ke yang lama alias downgrade. Pengguna dapat pula menginstalaso custom ROM tambahan.

Coba pula untuk melakukan hard reset pada ponsel smartphone Android. Cara ini bisa Anda andalkan atasi masalah layar HP error akibat bug firmware. Ponsel akan kembali sehat layaknya pertama keluar pabrik. Hanya saja pengguna harus siap membuat backup data. Sebab, kemungkinan ponsel akan kehilangan semua datanya.

  • Masuklah ke pengaturan ponsel,
  • Kemudian pilih opsi menu utama – pengaturan.
  • backup & reset – cari opsi untuk kembalikan setelan pabrik.

Proses flashing pada smartphone juga membantu mengatasi errornya layar ponsel. Pengguna perlu mengisi kembali software yang sesuai dengan smartphone. Sebelum itu harap mengetahui spesifikasi ponsel.

Kumpulkan data lewat model chipset yang ponsel pergunakan. Kemudian instal driver chipset sesuai versi ponsel. Proses ini juga dapat mengandalkan bantuan SP Flash Tool, untuk mencari stock ROM bagi Android. Demikian pembahasan seputar cara mengatasi layar HP Android bergerak sendiri, semoga membantu.

Leave a Comment