Cara Mempercepat HP Android yang Lemot

Cara Mempercepat HP Android yang Lemot– Pernahkah Anda merasa kesal karena smartphone lama kelamaan menjadi lambat. Tenang, jangan langsung ambil keputusan cari ponsel baru. Pasti ada cara mempercepat HP Android yang lemot. Artikel ini juga akan membahas secara lengkap penyebab dan jalan keluar untuk ponsel yang tiba-tiba melambat.

Kebanyakan smartphone Android keluaran diatas 2017 sudah dilengkapi dengan spesifikasi istimewa. Namun, pengguna smartphone sering kali lupa jika RAM 4GB atau 8GB sekalipun. Memiliki batas ruang penyimpanan, artinya tidak bisa menampung terus menerus aplikasi baru.

Permasalahnnya pengguna Android justru gemar menginstalsi banyak aplikasi berbayar ataupun gratisan. Padahal belum tentu semua akan dipergunakan terus menerus. Bisa jadi aplikasi tersebut 30% justru tidak pernah pengguna manfaatkan. Penyesalan memang selalu diakhir, daripada menyesali tindakan kemarin. Lebih baik simak informasi di bawah ini hingga akhir.

Penyebab dan Cara Mempercepat HP Android yang Lemot

Cara Mempercepat HP Android yang Lemot- Sebelum kita membahas cara mempercepat HP Android yang lemot. Sebaiknya pembahasan dimulai dari penyebab tersering melambatnya ponsel. Hal pertama yang paling sering adalah terlalu banyak menginstalasi aplikasi di HP. Memori HP Android lebih cepat habis karena semua aplikasi tersebut membutuhkan update.

Kebiasaan membuka aplikasi besar secara bersamaan juga mengindikasi lambatnya kinerja ponsel. Terlebih lagi jika versi smartphone yang Anda miliki tidak terlalu besar. Penyebab lain yang bisa mengakibatkan perfoma ponsel kurang optimal. Yaitu membuka terlalu banyak aplikasi dan lupa menekan tombol keluar dalam waktu yang lama. Kebanyakan pengguna lupa menekan quit atau exit dan malah menekan tombol home.

Menekan tombol home hanya menutup tampilan apps dari layar. Namun, sejatinya aplikasi tersebut masih bekerja. Sehingga membuat memori RAM pada smartphone Android penuh dan melambat. Tersedia cukup banyak cara mengatasi HP Android yang melambat. Cara-cara yang akan penulis bagikan, bisa dicoba oleh siapapun tanpa perlu keahlian khusus.

Sebelum itu, pengguna harus selalu mengingat jika spesifikasi memori ponsel pastinya berbeda. Bukan hanya RAM yang penuh sebagai penyebab HP lemot. Memori internal yang hampir habis juga sangat berpengaruh pada perfoma smartphone.

Jika tidak bisa menghindari menyimpan banyak data, sebaiknya pertimbangkan membuat backup atau rutin memindahkan online dan offline. Siasati pula dengan mengunduh satu jenis aplikasi yang multifungsi. Biasakan pula menginstalasi aplikasi dari sumber terpercaya seperti Google PlayStore.

Aktifkan Fitur Auto Kill dan Langganan Aps Premium Atasi HP Android Lemot

Pengguna smartphone pasti kerap melakukan aktivitas multitasking. Dimana dalam satu waktu banyak aplikasi terbuka. Aktivitas yang demikian jika terus berlanjut, lama kelamaan membuat RAM menjadi penuh dan hp melambat.

Untuk mengatasi HP Android yang melambat, Anda bisa memanfaatkan fitur auto kill pada smartphone. Tujuannya adalah membuat tidak apps yang bekerja  di latar belakang. Selain itu, alih alih menginstalasi banyak aplikasi gratisan. Mengapa tidak mencoba upgrade aplikasi premium berlangganan.

Aplikasi gratisan memang menarik, sebab pengguna dapat menggunakan banyak fitur bermanfaat tanpa keluar uang. Hanya saja pengguna tidak bisa berharap apps tanpa bugs. Developer sendiri menawarkan free apps, lantaran membutuhkan input terkait kelebihan dan kekurangan apps rancangan mereka.

Disamping itu aplikasi gratis juga kerap memunculkan iklan yang menyedot daya dan kuota ponsel. Demi kelancaran aktivitas, opsi berlanggan aplikasi premium cukup menarik. Selain menghindari bugs penyebab lemot. Anda tidak perlu juga melihat iklan yang menghabiskan kuota internet.

Rutin Update Software Mengembalikan Perfoma HP Android Melambat

Cara mengatasi perfoma HP Android melambat, dapat pula dengan rutin memperbarui versi software. Smartphone akan mengirimkan notifikasi pada pengguna, setiap kali terdapat update baru versi software. Fungsi dari updating perangkat lunak adalah memperbaiki trouble yang diakibatkan sistem lama.

Developer sendiri membuat versi terbaru software, dengan tujuan pengguna memiliki pengalaman lebih bagus ketimbang sebelumnya. Sayangnya, tidak jarang pula update versi software terbaru justru menimbulkan masalah. Salah satunya adalah perfoma ponsel malahan melambat. Mengantisipasi situasi demikian, pihak developer pasti menyediakan solusi untuk permasalahan user.

Segera periksa solusinya dengan memilih menu pengaturan – tentang – sistem update – pilih periksa untuk update. Cara ini berlaku pula untuk mengatasi aplikasi yang bertingkah aneh setelah update versi baru. Hanya saja user perlu memriksanya melalui fitur PlayStore – MyApps&Games.

Kurangi pula pemasangan widget pada tampilan smartphone. Widget memang membuat layar ponsel terlihat canggih. Selain memperindah tampilan layar, widget merupakan pintasan menuju aplikasi tertentu. Namun nyatanya pintasan juga mengambil jatah RAM yang besar. Maka dari itu sebisa mungkin menambahkan widget dengan bijaksana.

Uninstal Aplikasi Junk Bantu Percepat Smartphone Android

Aplikasi junk merupakan apps sampah yang tidak terpakai dan hanya membuat memori penuh. Uninstal junk apps membantu user memiliki kembali space penyimpanan. PlayStore memang aktif menawarkan apps baru dengan fungsi menarik. Tidak sedikit pula yang sifatnya entertaining, bahkan user pasti pernah mengunduh aplikasi yang viral.

Kebiasaan seperti itulah yang membuat ponsel menumpuk junk aplikasi. Alhasil, ruang penyimpanan tersita oleh apps yang hanya satu atau dua kali Anda pergunakan. Segera hapus aplikasi-aplikasi demikian, terlebih yang memiliki kegunaan serupa. Lantas bagaimana dengan aplikasi default? Adakah cara untuk unistalnya? Baca saja artikel tentang cara menghapus aplikasi bawaan di Android.

Cara Mematikan Pencuri Kapasitas RAM Ponsel Android

Matikan pula pencuri kapasitas RAM pada ponsel Android, apa lagi jika bukan Animasi ponsel. Caranya mudah cukup pilih menu pengaturan, kemudian pilih opsi developer atau pengembang. Kembalikan semua nilai pada jendela animasi, transisi animasi, hingga durasi animasi menjadi off atau terendah.

Bersihkan Ponsel Android Melambat dari Tumpukan Cache

Bagi user yang belum paham apa itu cache? Cache merupakan wadah sementara, untuk penyimpanan data dari semua aplikasi yang pernah user pakai. Cache memang memudahkan Anda untuk langsung terhubung pada aplikasi tertentu.

Hanya saja jika terus menerus dibiarkan tentu akan menumpuk dan membuat posel menjadi melambat. Adapula opsi meghapus cache pertition yang menyimpan proses aktivitas sistem Android. Data kedua cache harus Anda hapus. Lantas bagaimana cara menghapus cache agar HP Android tidak melambat.

Cara Menghapus Cache pada ponsel Android

Bagi user yang akan menghapus cache aplikasi, tinggal masuk ke menu pengaturan smartphone. Kemudian pilih aplikasi dan cari opsi all, nantinya semua aplikasi yang terinstal bisa Anda lihat. Pilih mana saja apps yang menurut Anda memiliki cache data terbanyak.

Adakah cara yang lebih cepat? Seperti menghapus semua data cache ponsel sekaligus. Tentu saja ada, Anda bisa langsung membuka menu pengaturan ponsel. Kemudian pilih opsi storage pada menu, tunggu hingga memori internal melakukan kalkulasi penggunaan data. Selanjutnya tap pada kolom cached data – pilih ok – maka data cache akan dibersihkan.

Sementara jika pengguna hendak menghapus riwayat cache partition, idealnya dilakukan satu bulan sekali. Dengan memilih wipe cache partition pada recovery mode ponsel Android. Lanjutkan dengan merestart perangkat. Cara ini ampuh menghapus proses sistem yang menumpuk di latar belakang.

Solusi Mempercepat Perfoma Smartphone Android

Solusi lain yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat perfoma smartphone Android. Yaitu dengan melakukan factory reset.  Kebanyakan dari pengguna memang enggan mengembalikan settingan ponsel. Karena beresiko kehilangan semua data pada ponsel, padahal ada cara mengembalikan data yang hilang.

Cara mereset kembali ponsel juga tidak sulit, yaitu masuk ke menu pengaturan – pilih opsi backup&reset- akhiri dengan klik factory data rest. Tindakan ini masih aman untuk pengguna lakukan secara berkala sepert 3-6 bulan sekali.

Apabila Anda enggan mengembelikan ponsel kesettingan awal. Maka memesatan custom ROM bisa menjasi solusi atau launcher tambahan. Launcher tambahan sendiri tersedia bebas di PlayStore. Biasakan untuk membaca review dari pengguna sebelumnya.

Wajib untuk pengguna ingat bahwa besar kecil ukuran RAM bukanlah jaminan prosesor mampu bekerja cepat. Bagaimana perfoma ponsel tergantung dari cara Anda mengatur penggunaannya. Demikianlah pembahasan seputar cara mempercepat HP Android yang lemot, semoga membantu.

Leave a Comment